Saturday, January 14, 2017

Pengertian Evolusi

Pengertian Evolusi - adalah proses perubahan mahluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu yang lama dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang kompleks.
Ada dua macam evolusi:

  • Evolusi progresif. Perubahan yang menghasilkan spisies yang memungkinkan melanjutkan kehidupan selanjutnya
  • Evolusi Regresif. Perubahan yang menghasilkan spesies yang tidak memungkinkan melanjutkan kehidupan selanjutnya.
Evolusi adalah kata yang sering kita dengar saat kita mempelajari sesuat. Mulai dari fisika, biologi hingga sosial pun menggunakan istilah evolusi untuk menggambarkan suatu keadaan atau peristiwa yang berkaitan dengan ilmu tersebut. Salah satu hal yang paling sering kita dengar adalah evolusi yang berkaitan dengan teori biologi yakni teori evolusi oleh Charles Darwin. Teori tersebut sangat terkenal dan diyakini benar oleh sebagian orang. Tentunya, teori tersebut sangat menarik untuk dipelajari apabila kamu penasaran dengan asal-usul suatu spesies atau bahkan asal usul manusia. Nah, sebelum terlalu jauh belajar menegenai teori Charles Darwin, sebaiknya kita tahu betul apa itu pengertian evolusi mendasar pada dunia biologi. Berikut beberapa penjelasan mengenai apa itu evolusi yang ada dalam dunia dan dikaji oleh ilmu biologi.
Pengertian evolusi biologi atau evolusi biologis adalah keadaan yang mana terjadi perubahan genetic dalam suatu populasi yang turun-temurun dari beberapa generasi. Perubahan-perubahan tersebut bisa terlihat dan dalam skala besar bisa juga disebut sebagai makroevolusi ataupun bisa juga tidak terlalu nampak atau ada dalam skala kecil yang disebut mikroevolusi. Untuk dapat disebut sebagai sebuah evolusi, maka harus terjadi suatu perubahan genetic dalam populasi yang kemudian menurun ke generasi berikutnya untuk menyatakan bahwa terjadi evolusi tingkat gen atau alel pada sebuah populasi dan akan berevolusi turun temurun.
Nampaknya, pengertian evolusi dalam dunia biologi sangat penting guna menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan gen dan sifat species. Misalnya, kita dapat mencari dan mengurutkan hingga ditemukan nenek moyang dari suatu spesies asli sebelumnya. Hal inilah yang mendasari ungkapan Charles Darwin mengenai nenek moyang manusia adalah manusia kera. Meskipun pada intinya evolusi biologis ini ditandai dengan berbagai perubahan fisik tampak, tetapi tidak semua yang berubah dapat disebut evolusi. Misalnya, jika seorang manusia bertambah berat badan aatu tinggi badan, maka hal tersebut bukanlah sebuah evolusi karena ini bukanlah perubahan yang diakibatkan dari perubahan gen.
Berkaitan dengan evolusi, ada kalanya saat kita belajar mengenai evolusi kita sering mendengar tentang seleksi alam. Ya, seleksi alam merupakan salah satu faktor yang menentukan pula sebuah evolusi. Dari sejak awal,  alam hingga saat ini telah mengalami banyak perubahan. Baik perubahan suhu, susunan, bahkan pulau-pulau pun pernah bergerak dan berpindah dari tempat aslinya. Hal inilah yang disebut dengan seleksi alam. Bagi spesies, apabila spesies tersebut tidak mampu beradaptasi dan berevolusi dengan baik, maka akan ada kemungkinan spesies tersebut tidak lagi dapat berkembang dan bertahan untuk hidup. Tidak hanya dari unsur perubahan abiotik, evolusi juga bisa terjadi akibat berkurangnya ketersediaan makanan. Misalnya, banyak prediksi yang mengatakan bahwa jerapah pada mulanya memiliki leher yang pendek, namun, akibat berkurangnya rumbut dan harus mencari makanan dipohon, lehernya kemudian memanjang.