Wednesday, November 12, 2014

Pertumbuhan Sekunder

Pertumbuhan Sekunder memungkinkan tanaman berkayu tumbuh sangat tinggi dan kuat. Tumbuh ke luar serta ke atas memberikan struktur, dukungan, dan perlindungan terhadap tanaman ini sehingga mereka dapat memiliki dalam keadaan lain. Meskipun Anda mungkin berharap untuk menjadi sangat tinggi, pada titik tertentu Anda berhenti tumbuh. Ini disebut pertumbuhan determinasi (tertentu). Ini berarti bahwa Anda hanya tidak bisa tumbuh lebih jauh, dan itu adalah sesuatu yang Anda tidak memiliki kendali atasnya. Kebanyakan tanaman, bagaimanapun, memiliki pertumbuhan tak tentu, yang berarti mereka dapat terus tumbuh selama mereka masih hidup.
Ada dua jenis pertumbuhan tanaman: pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer adalah jenis yang membantu tanaman tumbuh lebih panjang (baik keatas dan kebawah). Hal ini bertanggung jawab untuk tanaman tumbuh lebih tinggi menjulang ke atas, serta mengirim akarnya jauh ke dalam tanah. Semua tanaman mengalami pertumbuhan primer.
Tanaman berkayu, seperti pohon, semak, dan tanaman merambat, memiliki pertumbuhan sekunder. Ini adalah pertumbuhan yang keluar dari tanaman, sehingga lebih tebal dan lebih luas. Pertumbuhan sekunder penting untuk tanaman berkayu karena mereka tumbuh jauh lebih tinggi dibandingkan tanaman lainnya, dan membutuhkan lebih banyak dukungan pada batang dan akar mereka. Bayangkan sebuah pohon tarbantin yang besar mencoba untuk tumbuh tinggi seperti yang dilakukan biasanya tanpa pertumbuhan sekunder untuk mendapatkan dukungan. Ini tidak akan lebih kuat dari rumput!
Semua tanaman memiliki meristem. Ini adalah kelompok sel yang membelah dan menjadi jaringan pertumbuhan lainnya, seperti xilem dan floem. Ketika sel membelah selama pertumbuhan primer, jaringan ini disebut jaringan primer (xilem primer dan floem).
Meristem lateral adalah sel yang membagi dalam pertumbuhan sekunder, dan menghasilkan jaringan sekunder. Xilem sekunder adalah sebenarnya dari kayu tanaman, dan floem sekunder menyediakan transportasi gula. Meristem lateral dibagi menjadi dua silinder yang berjalan melalui akar dan batang: kambium vaskular dan kambium gabus.
Kambium vaskular adalah lapisan sangat tipis dari sel-sel di antara xilem dan floem. Saat tanaman tumbuh setiap tahun, kambium vaskular menciptakan lapisan baru di dalam xilem dan floem pada bagian luar. Ini membuat tanaman tumbuh lateral (semakin luas). Xilem sekunder terakumulasi selama bertahun-tahun, tetapi meninggal pada tingkat yang sama diproduksi dan akhirnya menjadi gabus.
Segala sesuatu di luar kambium vaskular disebut kulit. Kulit kayu terdiri dari floem sekunder, gabus, dan gabus kambium. Gabus kambium adalah jaringan meristem lateral yang yang menghasilkan gabus dari floem sekunder tua. Gabus adalah jaringan mati yang membantu melindungi jaringan internal lainnya pada tanaman dari kerusakan dan penyakit, ini seperti kulit melindungi jaringan internal Anda. Dan seperti kulit Anda mengisi ulang sendiri, seperti tanaman tumbuh lateral, gabus dan gabus kambium tertekan keluar dan akhirnya retak, mengelupas, dan rontok.
Pernahkah Anda mendengar bahwa Anda dapat mengetahui usia pohon dengan menghitung cincin nya? Cincin mereka sebenarnya hanya akumulasi xilem sekunder. Tanaman berkayu tidak tumbuh banyak selama musim dingin, dan pertumbuhan sekunder terganggu selama waktu ini. Ketika pertumbuhan sekunder dimulai lagi di musim semi, sel-sel kayu lebih awal berkembang pertama dan lebih tipis dibandingkan dengan sel-sel kayu akhir kemudian di musim panas. Batas antara sel-sel awal dan akhir adalah apa yang menghasilkan cincin dapat Anda lihat di batang.
Seperti eksoskeleton keras pada kebanyakan hewan, kayu yang dihasilkan dari pertumbuhan sekunder memberikan perlindungan dan kekuatan. Pertumbuhan sekunder memungkinkan tanaman berkayu untuk tumbuh lebih tinggi dan lebih kuat dibandingkan tanaman non-kayu, membantu mereka mencapai ketinggian yang sangat besar dan hidup selama ratusan tahun.[tb]